Home » » VISI MISI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU CAHAYA SUNNAH

VISI MISI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU CAHAYA SUNNAH



VISI

Menjadi Sekolah Dasar Islam yang berkualitas yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah di atas pemahaman salafus shalih, berakhlak mulia, cerdas dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi.

MISI

  • Sekolah sebagai wadah dakwah di atas pemahaman yang lurus, yang tidak menyimpang dari dua sumber yaitu Al-Qur’an dan al-Hadits yang shahih dan sebagai lembaga pengembangan ilmu dan teknologi.
  • Mewujudkan generasi penghafal Al-Qur’an.
  • Peningkatan sumber daya manusia sesuai dengan intake (kemampuan dasar) peserta didik.

A. Tujuan

  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia dan fasilitas pendidikan demi tercapainya upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran.
  • Mengembangkan dakwah di masyarakat demi terciptanya pemahaman muslim yang kaaffah.
  • Membudayakan ajaran Islam yang berdasarkan Al -Qur’an dan As-Sunnah, yang pada akhirnya peserta didik akan menularkan kedalam keluarga atau lingkungan yang secara tidak langsung ikut mendakwahkan kepada yang haq.
  • Membantu pemerintah dalam memberikan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat.


PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pengembangan kurikulum ini di dasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut :
  • Tidak keluar daripadanya Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai pondasi dari semua bahan pembelajaran;
    Peserta didik akan selalu diarahkan di dalam pembelajarannya berpedoman kepada aqidah ahlusunnah wal jama’ah, didalam berperilaku, sikap, akhlaq, keseharian serta membiasakan beradab di manapun berada.
  • Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;
    Kurikulum dikembangkan berdasarkan peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhana wa Ta’ala, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri serta menjadi muslim yang bertanggung jawab.
  • Beragam dan terpadu;
    Kurikulm dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan strata sosial peserta didik di dalam pembelajaran.
  • Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
    Kurikulum dikembangkan atas kesadaran bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Relevan dengan kebutuhan kehidupan;
    Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stake holders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan hidup, termasuk didalamnya kehidupan bermasyarakat, kalangan dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu pengembangan keterampilan pribadi, sosial dan akademik adalah merupakan suatu kebutuhan di bidang pendidikan.
  • Menyeluruh dan berkesinambungan;
    Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan.

  • PROGRAM
    • Tahfizhul Qur’an
    • Tahfizhul Arbain an-Nawawiyyah
    • Hafalan Hukum-hukum Islam
    • Ekstrakurikuler program diniyyah meliputi : Bahasa Arab, Iqra’ dan Tahsin
    • Ekstrakurikuler program umum meliputi : Membaca, Menulis dan Berhitung
    • Studi Luar Sekolah (mencangkup studi tour dan studi pendidikan)